Tokoh dan Wawancara

Agus Ramadhani, Dari Programmer ke Blogger Profesional

Agus Ramadhani, dok pribadi.

Agus Ramadhani, dok pribadi.

PALANGKARAYA, Pnet – Pernah menjadi pemenang kontes programming Visual Basic tingkat dunia yang diadakan oleh sebuah media online bagi penggemar programming yaitu Planet Source Code pada tahun 2002.

Kini, Agus Ramadhani yang lulusan SMAN 1 Palangka Raya dan lulusan STMIK “Amikom” Yogyakarta ini merubah haluan menjadi seorang blogger profesional hingga ke tingkat nasional. Tips dan triknya yang menarik selalu ditunggu banyak orang di kedua blognya yang beralamat di www.o-om.com dan www.agusramadhani.com. Dikenal dengan nama udara “Oom”, Agus Ramadhani adalah contoh sukses menjadi seorang blogger.

Kali in Pnet berkesempatan mewancarai Agus “Oom” Ramadhani, berikut liputannya :

Tanya : Anda mulai aktif menjadi blogger sudah berapa lama ? Dan kenapa Anda memilih menjadi blogger, padahal sebelumnya Anda adalah seorang programmer yang cukup handal.
Jawab : Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih untuk wawancara singkat ini. Ok, biar lebih nyaman langsung saja saya jawab. Saya menekuni profesi blogger sekitar tahun 2006 lalu, berarti sudah hampir 6 tahun dan sampai sekarangpun saya masih aktif menekuni profesi ini. Untuk pertanyaan kedua kenapa saya lebih memilih blogger itu tidak lain karena saya lebih cenderung lebih menekuni ke arah web programming terutama PHP dan script penunjang lainnya. Dulu memang saya lebih banyak aktif pada desktop programming terutama bahasa pemrograman Visual Basic dan C++, namun melihat perkembangan teknologi digital lebih menjanjikan ke arah web programming jadi mau tidak mau saya harus memutar haluan.

Tanya : Menjadi blogger seringkali identik dengan mencari uang di internet, apakah Anda juga melakukannya ?
Jawab : Sebenarnya kegiatan nge-blog tidak hanya untuk mencari uang tetapi lebih kepada kegiatan sharing informasi secara digital, semakin populer blog atau website yang kita kelola tidak menutup kemungkinan uang itu pada akhirnya akan mengalir dengan sendirinya.

Tanya : Orang sering kali berpikir instant dan tidak sabar ketika ingin menjadi blogger yang sukses, pernah tidak Anda mengalaminya ?
Jawab : Nah ini yang menarik, kesalahan blogger pemula adalah kebanyakan termakan janji-janji palsu dari oknum pebisnis online yang biasanya menjual informasi berupa ebook bahkan di beberapa seminar blogger yang belum jelas arah tujuannya, tentu saja itu salah satu bentuk penipuan secara tidak langsung. Menjadi seorang blogger profesional benar-benar membutuhkan waktu, tenaga, usaha dan pikiran. Tapi semua itu bukan tidak mungkin di lakukan oleh blogger baru, yang penting tetap berusaha dan berdo’a.

Tanya : Menurut Anda, prinsip dan ilmu apa saja yang harus dipegang oleh seorang blogger ?
Jawab : Konsisten dan tetap uptodate terhadap informasi terbaru. Mengupdate blog minimal 3 artikel setiap minggu atau jika memungkinkan setiap hari. Jangan lupa pelajari terutama mengenai perkembangan SEO (Search Engine Optimization) serta cara mengotimalkan blog yang sudah banyak di sharing artikelnya baik oleh saya maupun oleh rekan-rekan blogger lain.

Tanya : Sebagai salah seorang blogger nasional, apa prediksi Anda dalam kedepan tentang blogger Indonesia?
Jawab : Sangat menjanjikan dan sampai sekarang semakin masih banyak peminatnya. Saya yakin teknologi blogger akan terus berkembang ke arah web 3.0. Tidak sedikit beberapa rekan blogger termasuk saya sendiri menjadikan blogger sebagai profesi untuk mencari penghasilan, itu yang membuat saya yakin nafas blogger Indonesia akan selalu ada.

Tanya : Kami dengar Anda tidak pernah mengikuti even nasional para blogger se-Indonesia, namun pemikiran dan ilmu yang Anda bagikan ternyata masih diperlukan oleh blogger lain. Bisa Anda jelaskan alasannya ?
Jawab : Tidak juga, saya sebenarnya sering dapat beberapa undangan dari even besar acara blogger indonesia tapi setiap kali itu juga saya selalu berhalangan untuk datang mungkin karena alasan jarak dan lokasi serta alasan pribadi yang membuat saya belum bisa datang dan berkumpul bersama blogger Indonesia lainnya.

Tanya : Menurut Anda kenapa blogger dari Kalimantan Tengah kurang begitu terdengar baik secara regional dan nasional ?
Jawab : Mungkin informasi ke arah ini belum terlalu gencar dipublikasikan di Kalimantan Tengah, jadi menurut saya blogger Kalimantan Tengah masih sedikit peminat dibandingkan blogger lain dari luar daerah, padahal jika melihat akses internet yang sekarang sudah merambah ke daerah terpencil tidak menutup kemungkinan blogger Kalimantan juga akan go nasional atau bahkan go internasional. Seperti saat ini saya lebih di kenal sebagai blogger dari kota gudeg Yogyakarta daripada blogger asal Kalimantan Tengah, tapi untuk arah kedepan saya yakin blogger Kalimantan tidak akan kalah bersaing dari segi kemampuan dan kualitas mutu pribadi bloggernya.

Tanya : Terakhir, apakah Anda akan terus menjadi seorang blogger, atau mungkin suatu saat Anda ingin berhenti menjadi seorang blogger ?
Jawab : Tentu saja, menjadi seorang blogger bagi saya disamping sebagai hobi, juga bisa mendatangkan pendapatan materi buat saya pribadi, jadi tidak ada alasan bagi saya untuk meninggalkan profesi ini.

Itulah wawancara singkat Pnet dengan Agus “Oom” Ramadhani, semoga bisa menjadi inspirasi bagi blogger Kalimantan Tengah pada umumnya, dan blogger Palangka Raya pada khususnya.(MJ/News)

Komentar Anda
Share via
Copy link
Powered by Social Snap