Bagikan ke:

PALANGKARAYA, Pnet – Bagi penggemar dan pemilik kendaraan bermotor roda dua di Palangka Raya, tentunya tidak bisa mengabaikan begitu saja penampilan kendaraannya. Disamping karena ingin tampil berbeda atau ingin tampil lebih gaya. Tentu saja, hal ini harus dibarengi dengan pendanaan yang cukup dan ketersediaan aksesoris serta bengkel yang mumpuni.

Nah, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita sama-sama tahu, model apa saja yang saat ini sedang tren modifikasi di dunia internasional dan di Indonesia.

1. Bobber
Bentuk modifikasi ini mengandalkan modifikasi pada rear-front dan tangki tanpa banyak perubahaan chassis (frame) sehingga tampak sederhana. Dengan ban yang cukup besar. Cocok untuk berjalan santai di dalam kota.

2. Chopper
Mengandalkan modifikasi kaki-kaki depan yang cukup panjang namun stang (handlebar) yang cukup dekat dengan tangki, bentuk tangki yang lebih kecil dibandingkan “Bobber” sampai tempat duduk (sadle/seat) yang rendah dengan sedikit modifikasi pada chassis.

3. Hot Rod
Hampir sama dengan bentuk pada “Bobber”, namun dengan stang (handlebar) yang lebih tinggi dan modifikasi pada mesin dengan kapasistas besar. Biasanya sang pemakai akan lebih cocok jika tampil lebih berotot pada lengannya.

4. Streetfighter
Modifikasi ini membuat kendaraan bermotor tampak lebih agresif. Berbentuk lebih aerodinamis dan cukup populer di Eropa. Tangki bensin lebih menggelembung dan pengendara sedikit lebih menunduk ketika mengendarainya.

5. Bratstyle dan Japstyle
Bratstyle diambil dari nama bengkel di Saitama, Jepang. Dengan tangki lebih kecil dan ban cukup besar. Pada Japstyle ada sedikit pemotongan pada kaki-kaki sehingga ban seperti hanya mempunyai sedikit celah. Namun pada Bratstyle tidak ada pemotongan pada kaki-kaki.

6. Scrambler
Modifikasi hampir sama pada Bratstyle, bedanya pada Scrambler menggunakan ban bergerigi besar dan dipergunakan pada medan yang cukup berat seperti pada semi offroad dan pegunungan.

7. Cafe Racer
Populer di Inggris pada sekitar tahun 1960-an lalu menyebar ke Perancis dan Italia. Modifikasi ini lebih ramping dan ringan. Dengan stang (handlebar) yang hampir rata dengan tangki bahan bakar.

Jadi, tidak peduli apapun merk dan tahun pembuatan kendaraan bermotor yang kita miliki, ada saja alasan untuk melakukan modifikasi. Tapi perlu diingat, keamanan dan kelengkapan kendaraan bermotor serta legalitas surat-menyuratnya juga tidak bisa diabaikan. (MJ/News)

Bagikan ke:

Share via
Copy link
Powered by Social Snap