Pernik

Siapa Gubernur Jenderal Hindia-Belanda J.J. Rochussen

J.J. Rochussen karya Waanders, F.W. (1925 – 1974) (Photo: geheugenvannederland.nl)

J.J. Rochussen karya Waanders, F.W. (1925 – 1974) (Photo: geheugenvannederland.nl)

PALANGKA RAYA, Pnet – Sebelum Palangka Raya terbentuk pada tahun 1957, – jauh sebelum itu – pada tahun 1849, menurut Staatsblad van Nederlandsch Indie (Lembaran Negara Hindia Belanda), seperti wilayah Kalimantan lainnya, Palangka Raya termasuk kedalam wilayah Zuidooster-afdeeling (divisi tenggara/selatan-timur). Hal ini berdasarkan Besluit van den Minister van Staat (Keputusan Menteri Negara), Gouverneur-Generaal van Nederlandsch-Indie (Gubernur-Jenderal Belanda Hindia (Timur)).

Perlu diketahui gelar Minister van Staat di Belanda adalah gelar kehormatan, dalam kasus luar biasa, diberikan oleh raja, atas rekomendasi kabinet.Kabinet tersebut yaitu Dewan Hindia (Raad van Indie), kemudian dilaporkan kepada Dewan Tujuh Belas (Heeren Seventien).

Diperkirakan pada tahun 1849 tersebut, Gubernur Jenderal yang memerintah bernama Jan Jacob Rochussen dikenal juga dengan nama J.J. Rochussen. Dilantik sebagai Menteri Keuangan pada tanggal 25 juni 1843, Rochussen memulai jabatannya sebagai menteri negara. Sekembalinya dari Brussel sebagai utusan, pada tanggal 30 september 1845, Rochussen kemudian dilantik menggantikan Pieter Merkus sebagai Gubernur Jenderal Hindia-Belanda yang ke 49. Jabatan ini kemudian berakhir pada tahun 1851, kemudian digantikan oleh Albertus J. Duymaer van Twist.

Belum diketahui pasti apakah Rochussen-lah ketika pada tahun 1849 tersebut yang memutuskan pembagian wilayah Kalimantan sebagai Zuidooster-afdeeling kedalam Staatsblad van Nederlandsch Indie. Namun yang pasti, Rochussen adalah Gubernur Jenderal Hindia-Belanda pada saat itu.

Menurut catatan Dr. R. Reinsma, Rochussen pernah berkunjung ke Martapura, kemudian Banjarmasin, lalu Barito dan dilanjutkan ke Pulau Petak yang sekarang terletak di kabupaten Kapuas. Dimana sebelumnya pada 28 September 1849 Rochussen datang ke Pengaron, wilayah Kesultanan Banjar untuk meresmikan pembukaan tambang batu bara Hindia Belanda pertama yang dinamakan Tambang Batu Bara Oranje Nassau “Bentang Emas”.

Rochussen meninggal dunia di Den Haag, 21 Januari 1871 pada umur 73 tahun. Meninggalkan 9 anak dari pernikahannya dengan Anna Sara Velsberg dan 1 orang anak dari hasil pernikahannya yang kedua dengan Elisabeth Charlotta Vincent. (wikipedia/hdbnl.org/parlement.com/jakarta.go.id/MJ/News)

Komentar Anda
Share via
Copy link
Powered by Social Snap