Bagikan ke:

PALANGKARAYA – Menjelang hari ke-4 bulan puasa Ramadhan (Kamis, 04/08/2011), jurnalis web Pnet mencoba untuk mengunjungi salah satu pasar Ramadhan atau biasa dikenal dengan pasar wadai yang berada di dekat lapangan olahraga Sanaman Mantikei. Berbagai kalangan dan profesi tampak berkunjung untuk berburu makanan favoritnya di pasar ini. Pasar ini juga biasa disebut dengan pasar “wadai”, wadai berarti kue diambil dari bahasa Banjar.

Suasana yang cukup ramai dan saling berdesakan membuat pengunjung harus berjalan merayap pelan. Hal ini dikarenakan jarak kanan dan kiri antar pedagang cukup dekat, mengikuti atap terpal penutup lokasi. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana jarak kanan dan kiri cukup lebar sehingga tidak terlalu berdesakan.

Walaupun demikian, hal itu tidak menjadi masalah yang cukup besar. Rasa senang datang menghampiri ketika dihadapkan dengan begitu banyak pilihan menu makanan dan minuman untuk buka puasa. Rata-rata makanan dan minuman tersebut dijual mulai dari harga Rp. 5.000,- keatas.

Beberapa menu yang sering menjadi andalan para pembeli dan penjual di bulan Ramadhan adalah kue “amparan tatak” dan kue “bingka”. Rasanya yang manis dan gurih sering menjadi buruan bagi penggemar kue ini.

Menu lainnya seperti urap (sayur setengah matang dengan parutan kelapa), mie goreng, ikan bakar, bakso goreng dan masih banyak mulai dari rasa pedas, manis, asam, dan asin hingar bingar diantara warna warni kue dan minuman yang dijual.

Untuk jenis minuman sendiri masih didominasi oleh minuman dingin seperti es campur, es kelapa dan es bubur mutiara. Jurnalis web ini rada kesulitan ketika mencari minuman jenis lain seperti es dawet karena sepertinya tidak tersedia di pasar Ramadhan tersebut. (MJ/News)

Bagikan ke:

Share via
Copy link
Powered by Social Snap