Pendidikan

Wah, 3 Universitas di Kalimantan Masuk 100 Besar Menurut Webometrics

UPBJJ Universitas Terbuka Palangka Raya

PALANGKARAYA, Pnet – Peringkat Webometrics berbeda dengan peringkat Universitas secara umum. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan akses terbuka ke pengetahuan yang dihasilkan oleh Universitas dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas konten web Universitas.

Webometrics dimulai pada 2004 dengan para ilmuwan yang bekerja di satu lembaga penelitian publik kelas dunia bernama Cybermetrics Lab dengan pengalaman panjang dalam melakukan evaluasi terhadap situs-situs web Universitas yang dipandu dengan metode metrik.

Webometrics tidak mengevaluasi bentuk situs web, desain atau kegunaan atau popularitas kontennya sesuai dengan jumlah kunjungan atau pengunjung. Penilaian peringkat berdasarkan evaluasi kinerja universitas yang benar secara global, komprehensif, dan mendalam, dengan mempertimbangkan kegiatan dan hasilnya serta relevansinya dan dampaknya.

Di tahun 2020 menurut Webometrics dari seluruh provinsi di Kalimantan, hanya ada 3 yang masuk dalam peringkat 100 besar yaitu Universitas Mulawarman (peringkat 41), Universitas Terbuka (peringkat 61), dan Universitas Palangka Raya (peringkat 84). Sedangkan menurut Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia ketika mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019 hanya Universitas Mulawarman saja yang masuk dalam 100 besar, tepatnya di peringkat ke 88.

(Sumber/Sumber/MJ)

Komentar Anda
Share via
Copy link
Powered by Social Snap