Bagikan ke:

PALANGKARAYA, Pnet – Dikutip dari data di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, rencananya akan ada sekitar 26 sekolah Tingkat Pendidikan Menengah (SMA/MA/SMK) untuk provinsi yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut juga dengan Computer Based Test (CBT) pada bulan April mendatang. Sedangkan di kota Palangka Raya ada 8 sekolah yang akan mengikuti. UNBK berbeda dengan ujian konvensional menunggunakan kertas atau Paper Based Test (PBT).

Seperti telah diketahui bersama, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) membentuk Focus Group Discussing (FGD) bersama-sama dengan 5 perguruan tinggi, yaitu: ITB, ITS, UI, UGM, dan UNBRAW. Tujuannya adalah untuk memberikan dukungan sumber daya agar UNBK dapat terlaksana dengan baik. Sehingga kendala-kendala yang ada semakin dapat diminimalisir.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Adapun sekolah Tingkat Pendidikan Menengah di Palangka Raya yang rencananya akan mengikuti UNBK adalah : SMK Negeri 1, SMK Negeri 3, SMA Negeri 5, SMA Katolik, SMA Muhammadiyah 1, MA Negeri Model, MA Annur dan MA Darul Ulum. (MJ/News)

Bagikan ke:

Share via
Copy link
Powered by Social Snap