Olahraga dan Kesehatan

Hasil Penelitian Ungkap 97 Persen Mahasiswa Alami Kecemasan Terkait Kelulusan

Kecemasan, ilustrasi, Havard

Kecemasan, ilustrasi, Havard

PALANGKARAYA, Pnet – Sebanyak 97 persen mahasiswa diduga mengalami masalah kondisi kesehatan mental dan psikologi berupa kecemasan terkait dengan keterlambatan dan pencapaian nilai akademik serta kelulusan tepat waktu akibat dampak pandemi Covid-19 atau Corona. Demikian diungkap oleh sekelompok peneliti dari Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan Universitas Palangka Raya.

Penelitian mengambil sampel dari 837 mahasiswa responden baik dari PTN atau PTS di seluruh Kalimantan Tengah yang disurvey menggunakan kuesioner terstruktur secara online. Hanya 3 persen responden dari 837 sampel yang berasal dari luar Kalimantan Tengah. Data yang terkumpul kemudian dianalisa secara statistik deskripsi dan visual data.

Dari data demografi responden pria yang telah menjawab sebanyak sebanyak 44,8 persen dan wanita sebanyak 55,1 persen. Dengan jumlah 98 persen mahasiswa menggunakan sistem komunikasi internet sebagai sarana proses belajar.

Didapati bahwa kecemasan itu diantaranya dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan penghasilan orang tua yang menurun (77,9 persen) dan tempat tinggal (55 persen kost, 42,7 persen ikut keluarga dan asrama 2 persen). Secara keseluruhan penelitian juga meneliti 3 (tiga) dampak yaitu dampak sosial, ekonomi dan akademik. Sehingga diharapkan dari hasil penelitian dapat dilakukan penyiapan aspek psikologi untuk recovery kesehatan psikologis mahasiswa yang terdampak. Para peneliti yang terlibat adalah oleh Rony Teguh, Fengky F. Adji, Valencia Wilentine, Hepriandy Usup dan Abertun S. Sahay. (MJ)

Komentar Anda
Share via
Copy link
Powered by Social Snap