Olahraga dan Kesehatan

Dokter Kandungan Ini Donorkan Darahnya Sendiri untuk Pasien

dr. Sigit Nurfianto, Sp. OG(K) ketika donor darah, dok pribadi

dr. Sigit Nurfianto, Sp. OG(K) ketika donor darah, dok pribadi

PALANGKARAYA, Pnet – Banyak cerita heroik tenaga kesehatan dan medis di kala pandemi Covid-19 atau yang populer dengan nama Corona. Sebagian dari mereka bahkan menghembuskan nafas terakhirnya ketika menolong pasiennya atau mengorbankan dirinya sendiri. Salah satunya adalah cerita tentang dokter di Kota Palangka Raya ini.

dr. Sigit Nurfianto, Sp. OG(K) (dokter spesialis kandungan, obstetri dan ginekologi atau obgyn), bercerita dalam laman media sosialnya pada Selasa (9/6) sepulang berolahraga badminton (Senin malam, 8/6) kemudian beristirahat sejenak tiba-tiba saja mendapat panggilan dari petugas jaga Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Petugas jaga IGD menyampaikan ada pasien pasien baru dalam keadaan hamil sembilan bulan dan sedang perdarahan. Setelah selesai menganalisa secara medis dr. Sigit pun meminta dipersiapkan segala sesuatunya untuk tindakan operasi. Namun rupanya stok darah yang ada tidak tersedia.

Tanpa pikir panjang, dr. Sigit segera mendatangi kantor Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melakukan donor darah dikarenakan keadaan yang cukup mendesak. Biasanya persediaan donor darah mencukupi, hanya saja saat pandemi Corona ini orang enggan dan takut untuk melakukan donor darah.

Dan malam itu juga operasi untuk pasien yang sedang hamil tersebut dilakukan dengan persediaan darah dari sumbangan darah dokternya sendiri yang sedang mengoperasinya. Keesokan hari setelah dilakukan visite (kunjungan dokter), kondisi pasien sudah dalam keadaan stabil. Pasien bercerita bahwa dia berasal dari luar kota Palangka Raya dengan menempuh perjalanan yang penuh dengan perjuangan karena mengalami pendarahan.

dr. Sigit sebelum mengakhiri ceritanya mengatakan bahwa betapa ia juga sempat merasa bimbang dan bersiap menghadapi kegagalan dikarenakan kondisi yang cukup sulit. Namun sebuah keputusan tetap harus diambil. Kita doakan semoga tenaga kesehatan dan medis di Kota Palangka Raya beserta pasiennya tetap dalam keadaan sehat. Terus berjuang dok! (MJ)

Komentar Anda
Share via
Copy link
Powered by Social Snap