Olahraga dan Kesehatan

Taekwondoin Kalteng Bakal Ikuti Kejurnas Junior

PALANGKARAYA, Pnet – Pada tanggal 27 – 29 September 2011 mendatang, Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) akan mengadakan kejuaraan nasional (kejurnas) junior Taekwondo. Kejurnas akan mengambil tempat di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Untuk itu, Kalimantan Tengah akan ikut ambil bagian dalam kejurnas ini dengan mengirimkan 6 orang atlit juniornya, yang terdiri dari 4 orang putra dan 2 orang putri.

Sudah 1 minggu para atlit taekwondo yang berasal dari Palangka Raya dan Kapuas ini berlatih di salah satu areal gedung Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Setiap harinya mereka dilatih oleh 2 orang sabeum (guru/pelatih), yaitu sabeum Charly Kurniawan (DAN I) dan sabeum Erwin (DAN III).

Para atlit adalah hasil seleksi daerah yang sebelumnya dan diikuti oleh kota Palangka Raya, kabupaten Katingan, kabupaten Kapuas dan kabupaten Kotawaringin Barat. Namun, kabupaten Katingan sebagai juara umum tidak dapat mengikuti pelatihan dikarenakan terganjal izin dari orang tua.
Sabeum Charly dan sabeum Erwin.

Charly, yang juga seorang guru disebuah sekolah menjelaskan, para taekwondoin akan turun pada beberapa kelas, untuk putra yaitu kelas under 45kg, under 48kg, under 51kg dan under 55kg sedangkan untuk putri yaitu under 44kg dan under 49kg. Dan rencananya dalam rombongan selain terdiri atas 2 pelatih dan atlit, juga ikut 1 orang manajer dan 1 kepala tim.

Dana keberangkatan kejurnas adalah hasil dana sharing dari pengurus Taekwondo Indonesia tingkat provinsi, kota dan kabupaten. “Setelah mengikuti kejurnas, khusus untuk para atlit dari Palangka Raya akan melanjutkan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) ke XI di Riau pada awal Oktober,” lanjut Charly.

Perlu diketahui bersama, pada tingkat internasional sendiri, Taekwondoin Kalimantan Tengah layak untuk diperhitungkan dengan berhasilnya taekwondoin Arjuni Edi Rahman meraih medali perunggu pada kejuaraan Taekwondo bertajuk Vietnam Open di Hanoi, Vietnam pada Juli 2011 lalu. Saat ini Arjuni sedang mengikuti pelatihan nasional lapis 2 di Jakarta sebagai cadangan atlit taekwondo kejuaraan Sea Games ke 26 bulan November mendatang di Palembang. (MJ)

Komentar Anda
Share via
Copy link
Powered by Social Snap