Iptek

Toyota dan Tesla Bekerjasama Membangun Mobil Listrik

Toyota RAV4

Toyota RAV4

ONTARIO, AMERIKA SERIKAT – Toyota Motor Corp. berencana memproduksi mobil listrik RAV4, bekerjasama dengan Tesla Motors, Inc di Toyota Motor Manufacturing Canada, Inc. (TMMC) di Woodstock, Ontario di awal 2012 mendatang. Demikian press release Toyota (Jum’at, 05/08/2011) yang dikutip oleh situs ini.

“Tim development Tesla-Toyota telah sepakat bahwa pembuatan kendaraan itu (bertenaga listrik) di pabrik Woodstock pada tempat yang sama dengan (mobil Toyota) bensin bertenaga RAV4 (diproduksi), akan merampingkan dan menyederhanakan proses produksi dan menjamin tingkat tertinggi kontrol kualitas,” kata Ray Tanguay, petinggi TMMC. “Ini adalah contoh yang bagus dari tekad Toyota untuk berkolaborasi dengan perusahaan dengan teknologi terdepan.”

Seperti diumumkan sebelumnya, Toyota akan membayar Tesla sekitar $100 juta untuk memasok suku cadang kelistrikan, yang meliputi baterai, motor, gear box dan elektronika daya untuk RAV4 EV. Tesla akan membangun kebutuhan tersebut di fasilitas produksi mereka di Palo Alto, California dan kemudian mengirimkannya ke TMMC untuk perakitan akhir ke dalam kendaraan.

Toyota RAV4 EV akan dijual di dealer Toyota Amerika Serikat melalui Toyota Motor Sales, USA, Inc (TMS). Rincian termasuk distribusi harga, volume dan daerah akan ditentukan dan diumumkan di lain waktu.

Dalam press releasenya, Toyota juga berkomitmen untuk strategi luas mobilitas yang berkelanjutan, penggabungan produk, kemitraan, lingkungan perkotaan, dan energi. RAV4 EV sendiri merupakan satu dari beberapa teknologi canggih dari Toyota. (MJ/toyota)

Komentar Anda
Share via
Copy link
Powered by Social Snap