Bagikan ke:

AUSTRALIA – Keindahan warisan budaya Indonesia. khususnya jenis kain tenun telah ditampilkan dalam sebuah acara didepan mahasiswa mode Canberra Institute of Technology (CIT), Australia, untuk memberi mereka inspirasi (Rabu, 27/07/2011). Demikian dikutip dari canberratimes.com.au.

Kedutaan Indonesia mengadakan acara peragaan pakaian Songket yang ditampilkan oleh delapan model dari Indonesia dan menggambarkan sebagai salah satu kekayaan budaya negara Indonesia. Songket, sebuah kain bermotif rumit, dengan jalinan benang metalik. Cukup melelahkan untuk membuatnya, karena dapat mengambil waktu sampai empat bulan untuk menghasilkan bahkan potongan kecil kain Songket.

Mahasiswa CIT tahun kedua, Jade Sargent, 24, mengatakan “Sungguh menarik untuk melihat pola dan warna yang dapat dibuat dalam industri tekstil”, katanya.

Sedangkan salah seorang pengajar, Steve Wright mengatakan sangat menghargai wawasan budaya kain-kain yang ditampilkan.”Ini membantu, karena salah satu hal yang sulit tentang menjadi seorang mahasiswa mode mereka cenderung berlindung di mode barat”, katanya.

Seperti diketahui bersama, Songket adalah salah satu jenis kain tenunan tradisional Indonesia. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi. (MJ/canberratimes.com/wikipedia.org)

Bagikan ke:

Share via
Copy link
Powered by Social Snap